Unknown Siapakah Sir William Bowman itu? Saturday, April 25, 2015 Pelajaran IPA - Siapakah Sir William Bowman itu? - Di dunia ini banyak sekali tokoh yang berjasa dalam bidang kesehatan, salah satunya adal... 5

Siapakah Sir William Bowman itu?

0
Pelajaran IPA - Siapakah Sir William Bowman itu? - Di dunia ini banyak sekali tokoh yang berjasa dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah Sir William Bowman. Sebagai inspirasi, sebaiknya kita mengetahui latar belakang dan karyanya dalam bidang kesehatan.

Sir William Bowman (1816-1892) adalah seorang ahli bedah, ahli histologi, dan ahli anatomi berkebangsaan Inggris. Ia terkenal pada penelitiannya yang banyak menggunakan mikroskop dalam mempelajari organ tubuh manusia.

Lahir di Nantwich, Cheshire, putera ketiga dari seorang bankirm dan geolog serta botanikus amatir, Bowman mengenyam pendidikan di Sekolah Hazelwood di dekat Birmingham pada 1826.

Siapakah Sir William Bowman itu?

Karya pertamanya yang cukup dikenal adalah penelitian mengenai struktur otot rangka. Pada usia 25 tahun, ia telah mengidentifikasi struktur pada nefron yang dikenal dengan kapsula Bowman.

Ia memaparkan penemuannya pada makalahnya yang berjudul “On the Structure and Use of the Malpighian Bodies of the Kidney” (“Struktur dan Fungsi Badan Malphigi pada Ginjal”) dan berhasil mendapatkan medali kerajaan.

Kerjasamanya dengan Robert Bentley Todd, seorang profesor ilmu faal, menghasilkan publikasi dengan lima jilid “Physiological Anatomy and Physiology of Man” (1843-1856) (“Anatomi Faal dan Faal Manusia”) dan “Cyclopaedia of Anatomy and Physiology” (1852) (“Ensiklopedia Anatomi dan Faal”).

Pada 1884, Ratu Victoria mengangkatnya menjadi seorang baronet. Ia meninggal di rumahnya, Joldwynds, di dekat Dorking, Surrey pada 1892.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Pelajaran IPA

Template By: Fauzi Blog