Unknown Apakah Penyakit Kulit Eksim itu? Saturday, April 25, 2015 Pelajaran IPA - Apakah Penyakit Kulit Eksim itu? Eksim adalah kelainan pada kulit karena kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal, dan ... 5

Apakah Penyakit Kulit Eksim itu?

0
Pelajaran IPA - Apakah Penyakit Kulit Eksim itu? Eksim adalah kelainan pada kulit karena kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal, dan bersisik. Umumnya, gejala eksim yang terlihat adalah pembengkakan dan rasa gatal pada kulit.

Eksim atau eczema adalah istilah umum untuk jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh macam-macam sebab, dengan gambaran kelainaan kulit ( basah atau kering) yang bermacam-macam pula. Ada eksim yang disbabkan alergi kulit karena tersentuh zat kimia tertentu, ada yang karena sinar matahari, ada yang timbul dilokasi yang khas akibat makan obat tertentu, ada yang disebabkan oleh tekanan psikis, dan ada juga yang penyebabnya tidak jelas.

Eksim terbagi menjadi dua bentuk, eksim kering (neurodermatitis) adalah penebalam kulit diertai relief yang nyata. Dan eksim basah (dermatitis numularis) ditandai oleh bercak berisisk, berbentuk bulat, berbatas tegas, berbintil-bintil yang ada airnya dan terasa sangat gatal dengan lokasi paling sering pada bagian punggung dan dada.  Cara mengobati penyakit eksim alami adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Eksim atau sering disebut eksema, atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Istilah eksim juga digunakan untuk sekelompok kondisi yang menyebabkan perubahan pola pada kulit dan menimbulkan perubahan spesifik di bagian permukaan. Istilah ini diambil dari Bahasa Yunani yang berarti 'mendidih atau mengalir keluar

Penyebab eksim di antaranya adalah:
  1. Alergi pada sabun, krim lotion, salep, atau logam tertentu.
  2. Kelelahan.
  3. Stres.
Secara umum, eksim memang tidak berbahaya, dalam arti tidak menyebabkan kematian dan tidak menular. Namun, eksim dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan amat mengganggu. Oleh karena itu, eksim perlu diobati dengan cara-cara sebagai berikut:
  1. Jangan berganti-ganti sabun mandi. Gunakan sabun mandi yang lembut, tidak terlalu berbusa, dan tidak menghilangkan minyak alami tubuh.
  2. Gunakan air bersih untuk mandi.
  3. Gosok tubuh dengan handuk yang lembut dan bersih segera setelah mandi hingga permukaan kulit benarbenar kering.
  4. Rajin mencuci tangan dengan sabun lalu bilas dan keringkan.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Pelajaran IPA

Template By: Fauzi Blog