Unknown Apa saja Pengaruh Pergerakan Bumi dalam Kehidupan? Monday, April 27, 2015 Pelajaran IPA - Apa saja Pengaruh Pergerakan Bumi dalam Kehidupan? - Pengaruh Pergerakan Bumi Sebagai planet, tentunya bumi akan berevolusi... 5

Apa saja Pengaruh Pergerakan Bumi dalam Kehidupan?

0
Pelajaran IPA - Apa saja Pengaruh Pergerakan Bumi dalam Kehidupan? - Pengaruh Pergerakan Bumi
Sebagai planet, tentunya bumi akan berevolusi mengelilingi matahari dan berputar pada porosnya (berotasi). Sebagai aktivitas periodik, rotasi dan revolusi bumi pun memberikan pengaruh terhadap peristiwa yang terjadi di bumi.

Pengaruh Rotasi Bumi

Gerak rotasi bumi menyebabkan cahaya matahari diterima oleh bagian-bagian bumi secara bergantian. Saat suatu bagian bumi terkena cahaya matahari, maka bagian tersebut mangalami siang hari. Sementara, ketika bagian yang tidak terkena cahaya matahari, maka bagian itu mengalami malam. Proses pergantian siang dan malam akan terus terjadi selama bumi masih berotasi.

Akibat lain dari rotasi bumi adalah munculnya gerak semu dari matahari dan bintang. Ketika kita melihat bintang di malam hari yang tebit dari timur dan tenggelam di barat kemudian diganti oleh matahari yang juga muncul di timur dan menghilang di barat pada siangnya, kita merasakan seolah-olah mereka yang bergerak mengelilingi bumi. Padahal, yang sebenarnya bergerak adalah bumi.

Untuk menentukan tempat-tempat di bumi, dibuatlah garis-garis khayal berupa koordinat yang terdiri atas garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis yang ditarik dari barat ke timur sejajar garis khatulistiwa. Sementara, garis bujur adalah garis yang ditarik dari kutub utara ke kutub selatan bumi. Rotasi bumi menyebabkan perbedaan waktu untuk setiap perbedaan garis bujur. Garis bujur 0° di tetapkan berada di kota Greenwich, sebuah kota di Inggris.

Waktu di kota ini biasanya disebut Greenwich Mean Time (GMT). Tempat yang yang terletak 15° sebelah timur kota ini, memiliki waktu lebih cepat 1 jam dari GMT. Dan tempat yang berada 15° sebelah barat dari kota itu waktunya lebih lambat 1 jam dari GMT. Dengan kata lain, setiap berbeda 1° garis bujur, waktunya pun akan berbeda 4 menit.

Apa saja Pengaruh Pergerakan Bumi dalam Kehidupan?

Pengaruh Revolusi Bumi

Selama bergerak, sumbu bumi membentuk sudut 23,5° terhadap garis tegak lurus pada bidang eliptika (bidang edar bumi). Akibatnya, lama pemanasan yang diterima setiap kutubnya berbeda-beda. Peristiwa yang merupakan pengaruh dari revolusi bumi adalah:
  1. Adanya pergantian musim.
  2. Perubahan lamanya siang dan malam.
  3. Gerak semu matahari.
  4. Perbedaan lokasi kemunculan benda langit setiap bulannya.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Pelajaran IPA

Template By: Fauzi Blog