Unknown Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi? Monday, April 27, 2015 Pelajaran IPA - Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi? - Atmosfer Bumi - Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, te... 5

Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi?

0
Pelajaran IPA - Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi? - Atmosfer Bumi - Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap.

Seperti planet lain, atmosfer yang menyelimuti bumi pun berwujud gas. Dilihat dari kandungannya, atmosfer bumi memiliki keunikan bila dibandingkan dengan atmosfer di planet lain.

Adapun kandungan atmosfer bumi dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel Kandungan Atmosfer Bumi

Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi?

Kandungan gas dalam atmosfer bumi terjaga oleh aktivitas pernafasan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Manusia dan hewan menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida, sementara tumbuhan sebaliknya, menghirup karbon dioksida dan melepaskan oksigen.

Di bumi, atmosfer berfungsi sebagai pelindung bagi bumi dari hantaman benda-benda langit dan berperan sebagai efek rumah kaca. Atmosfer bumi diciptakan tembus pandang agar memungkinkan cahaya matahari menembusnya dan sampai di permukaan. Selain itu, atmosfer bumi pun bertugas untuk menahan sebagian panas matahari yang dipantulkan bumi.

Dengan demikian, suhu bumi akan tetap terjaga dan manusia tetap hidup karena suhunya yang hangat.

Baca juga:

Demikian Apa Saja Kandungan Gas dalam Atmosfer Bumi?, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Pelajaran IPA

Template By: Fauzi Blog