Unknown Apa saja Alat Ekskresi pada Manusia? Thursday, February 20, 2014 Pelajaran IPA - Apa saja Alat Ekskresi pada Manusia? Untuk menjaga keseimbangan tubuh, manusia membutuhkan proses eksresi yang terjadi pada... 5

Apa saja Alat Ekskresi pada Manusia?

0
Pelajaran IPA - Apa saja Alat Ekskresi pada Manusia? Untuk menjaga keseimbangan tubuh, manusia membutuhkan proses eksresi yang terjadi pada alat ekskresi manusia. Ekskresi merupakan proses pengeluaran sisa hasil metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Zat sisa metabolisme bersifat racun bagi tubuh. Oleh karena itu kerusakan pada alat ekskresi dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh.

Alat ekskresi berfungsi untuk:
  1. Mengeluarkan sisa zat hasil metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh yang bersifat racun bagi tubuh.
  2. Membuang zat-zat yang jumlahnya berlebihan di dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan sistem osmoregulasi, yaitu pengaturan keseimbangan konsentrasi cairan dalam tubuh.
Apa Alat Ekskresi pada Manusia?

Sistem osmoregulasi adalah pengaturan keseimbangan konsentrasi cairan dalam tubuh. Sistem osmoregulasi menjaga tekanan osmotik cairan tubuh selalu tetap. Osmoregulasi biasanya berkaitan dengan pengaturan jumlah air dan garam mineral dalam tubuh.

Apa saja alat ekskresi pada manusia?

Organ ekskresi manusia terdiri dari:
  1. Ginjal, berfungsi untuk mengekskresikan urin dalam tubuh.
  2. Kulit, berfungsi untuk mengekskresikan keringat ketika udara panas. Hiperhidrosis adalah kelainan yang berupa keringat yang berlebihan yang dapat disebabkan karena kelainan pada produksi hormon, adanya penyakit, efek obat-obatan tertentu, pengaruh kejiwaan seperti takut atau gelisah, serta dapat disebabkan karena faktor genetis atau keturunan. Oleh karena itu bila keringatmu tiba-tiba menjadi banyak (berlebihan) tanpa sebab yang jelas, maka perlu memeriksakan diri ke dokter.
  3. Hati, berfungsi untuk mengekskresikan empedu yang dihasilkan dari perombakan sel darah merah yang sudah rusak atau sudah tua.
  4. Paru-paru, berfungsi untuk mengekskresikan karbon dioksida dan uap air.

No comments:

Post a Comment


Copyright © Pelajaran IPA

Template By: Fauzi Blog